Selasa, 05 Mei 2015

Guru, Sang Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Assalamu’allaikum wr.wb

            Kali ini saya akan memposting blog saya membahas tentang tanggungjawab. Salah satu yang mempunyai tanggung jawab yaitu seorang guru. Karna tanpa tanggungjawab seorang guru untuk mengajar dan membimbing kita, mungkin kita tidak bisa sampai ke jengjang perguruan tinggi seperti ini. Mari kita simak ulasannya….


Guru dikatakan sempurna apabila mempunyai tanggung jawab yang dijalankan dengan baik. Guru adalah seorang pendidik yang juga merupakan pembimbing. Dalam bidang kemanusiaan di sekolah, guru harus bisa menjadi dirinya sebagai orangtua kedua bagi siswa. Seorang guru harus bisa menarik simpati agar menjadi idola para siswa dan disukai sehingga siswa senang belajar dengan guru.

●          Peran seorang guru


a.       Guru sebagai pengajar
Guru bertugas memberikan pengajaran didalam sekolah ( kelas ).Ia menyampaikan pelajaran agar murid memahami dengan baik semua pengetahuan yang telah disampaikan itu.

b.      Guru sebagai pembimbing
Guru berkewajiban memberikan bantuan kepada murid agar mereka mampu menemukan masalahnya sendiri, memecahkan masalahnya sendiri, mengenal diri sendiri, dan menyesuaikan diri dengan lingkungnnya.

c.       Guru sebagai ilmuan
Guru dipandang sbagai orang yang paling berpengetahuan. Dia bukan saja berkewajiban menyampaikan pengetahuan yang dimilikinya kepada murid, tetapi juga berkewajiban mengembangkan pengetahuan itu dan terus menerus memupuk pengehahuan yang telah dimilikinya.

d.      Guru sebagai pribadi
Sebagai pribadi setiap guru harus memiliki sifat- sifat yang disenangi oleh murid- muridnya, oleh orang tua, dan oleh masyarakat. Sifat –sifat itu sangat diperlukan agar ia dapat melaksanakan pengajaran secara efektif.

e.       Guru sebagai penghubung
Sekolah berdiri di antara dua lapangan, yakni di satu pihak mengemban tugas menyampaikan dan mewariskan ilmu, teknologi, dan kebudayaan yang terus menerus berkembang dengan lajunya, dan dilain pihak ia bertugas menampung aspirasi, masalah kebutuhan, minat, dan tuntutan masyarakay. Di antara kedua inilah sekolah memegang peranannya sebagai penghubung dimana guru berfungsi sebagai pelaksana.

f.       Guru sebagai modernisator
Guru memegang peranan sebagai pembeharu, oleh karena melalui kegiatan guru penyampaian ilmu dan teknologi, contoh- contoh yang baik dan lain-lain maka akan menanamkan jiwa pembaharuan dikalangan murid.

g.      Guru sebagai pembangun
Sekolah turut serta memperbaiki masyarakat dengan jalan memecahkan masalah- masalah yang dihadapi oleh masyarakat dan dengan turut melakukan kegiatan pembangunan yang sedang dilaksanakan oleh masyarkat itu.

●          Tanggung Jawab


Para ahli menyebutkan bahwa tanggung jawab guru harus bisa menuntut murid untuk belajar, yang terpenting adalah membuat rencana dan menuntut murid untuk melaksanakan kegiatan belajar guru agar mencapai pertumbuhan serta perkembangan seperti yang diharapkan. Guru mempunyai tanggung jawab untuk turut serta dalam membina kurikulum sekolah. Guru sesungguhnya adalah seorang kunci yang paling tahu mengenai keperluan kurikulum yang sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.

Guru bertanggung jawab untuk melaksanakan pembinaan kepada diri siswa baik kepribadian, watak serta jasmaniah. Menyalurkan ilmu pada murid sebenarnya bukan pekerjaan yang sulit. Namun membina murid supaya menjadi manusia berkarakter pasti bukan pekerjaan yang gampang. Seorang guru bertanggung jawab untuk memberikan bimbingan kepada siswa. Bimbingan tersebut supaya siswa bisa mengenal dirinya sendiri, menyelesaikan masalahnya sendiri, serta mempunyai emosional yang baik.

Guru mempunyai tanggung jawab moral dimana setiap guru harus mempunyai kemampuan untuk menghayati perilaku serta etika yang sesuai dengan Pancasila sekaligus mengamalkannya. Tanggung jawab guru dalam bidang pendidikan di sekolah adalah harus menguasai cara pengajaran yang efektif dimana guru harus bisa menjadi model bagi murid, bisa memberi nasihat, menguasai teknik bimbingan serta layanan dan bisa membuat serta melaksanakan evaluasi yang lain.

Tanggung jawab para guru  dan unsur pendidikan lainnya bukan hanya sekedar dalam hal mengajar atau memajukan dunia pendidikan di sekolah ditempatnya bertugas, tetapi juga bertangggung jawab untuk mengajak masyarakat di sekitarnya untuk ikut berpartisipasi dalam memajukan pendidikan di wilayahnya. Maju mundurnya pendidikan di daerah tergantung kinerja para dewan guru, pengawas sekolah dan komite sekolah, karenanya diharapkan semuanya biasa menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya yang disertai keikhlasan hati dalam mengemban amanah yang diberikan.

Guru yang professional akan tercermin dalam pelaksanaan pengabdian tugas-tugas yang ditandai dengan keahlian baik dalam materi maupun metode. Selain itu juga ditunjukkan melalui tanggung jawabnya dalam melaksanakan seluruh pengabdiannya. Guru yang professional hendaknya mampu memikul dalam melaksanakan tanggung jawab sebagai guru kepada peserta didik, orang tua, masyarakat, bangsa, negara dan agamanya. Guru professional mempunyai tanggung jawab pribadi, sosial, intelektual, moral dan spiritual. Tanggung jawab pribadi yang mandiri yang mampu memahami dirinya, mengelola dirinya, mengendalikan dirinya dan menghargai serta mengembangkan dirinya.

            Itulah ulasa tugas dan tanggung jawab guru. Sebagai murid, kita harus berterimakasih kepada jasa-jasa beliau, tanpa beliau kita tidak bisa menulis dan membaca. Inilah yang disebut pahlawan tanpa tanda jasa pada zaman ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Semoga kita semua slalu dalam lindungan Allah swt J

Wassalamu’allaikum.wr.wb

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar