Senin, 15 Februari 2016

Cara Merender Vray di SketchUp



TIPS MERENDER DI SKETCHUP DENGAN HASIL YANG MAKSIMAL

1.       Buatlah Modeling Yang Maksimal
Maksudnya adalah buatlah model sedetail mungkin. Kalau dari awal modelingnya aja udah berantakkan, ya hasil ahirnya juga gak akan beda jauh berantakannya.

2.       Buat Model Gambar Seperlunya Saja
Jangan mentang-mentang lagi seneng gambar terus modeling gak pake kira-kira. Modeling harus disesuaikan dengan kapasitas Laptop. Entar nyesel sendiri lho kalo gambarnya ternyata gak kuat dirender karena terlalu berat.

3.       Setingan Pada Render Options Editor
Atur Setingan pada Render Options untuk menambah nilai real dari gambar. Kalian bisa cari dan pilih dari internet atau baca artikelku selanjutnya. Sebenarnya options standar yang udah bawaan dari vray-nya sih menurutku sudah bagus.

4.       Aturlah Pencahayaan
Biasakan mengatur pencahayaan seperti nilai intensitas, warna, dan kelembutan cahaya. Atur menurut feeling kalian sendiri-sendiri ( Karakter setiap desainer akan beda-beda ), yang penting dalam batas yang wajar. Kalian bisa mengamati dulu dikenyataannya itu seperti apa. Kalau gambar di atas tadi pencahayaan ruangannya aku seting seperti ini :


pengaturan pencahayaan vray sketchup

5.       Aturlah Nilai Bump
Aturlah nilai bump pada material model yang menurut kita perlu ( bahasa mudahnya adalah nilai tekstur atau kekasaran suatau benda ). Misalkan rumput, gak adakan yang halus dan flet rata sama tanah, pasti ada ujung-ujugnyakan ? Kalau gambar diatas yang saya atur nilai bumpnya adalah pada lantai keramik, papan kayu, karpet, bantal, dan tanaman. Ingat, setiap material nilainya akan berbeda-beda tergantung kebutuhan. Untuk lantainya aku atur seperti di bawah ini :

mengatur nilai bumb pada vray sketchup

6.       Aturlah Nilai Reflection
Kalau ini bahasa mudahnya adalah pemantulan pada benda, misalkan pada cermin. Kalau gambar di atas tadi yang atur atur nilai reflectionnya adalah pada material keramik saja ( aku sedikit memberi nilai reflection pada keramik ). Lihat pada gambar di bawah. Caranya adalah Klik icon material pada vray – Klik kanan pada Material List yang akan diberi nilai reflection – Create Layer – lalu pilih Reflection.

Cara Render Mobil di V-Ray SketchUp.


Langsung aja nih tutorialnya sbb :

Pertama-tama, buka halaman SketchUp lalu pilih komponen mobil yang akan kita setting materialnya.   Misalnya model mobil di atas. Komponen/model mobil banyak tersedia (gratis download) di 3D Warehouse / Trimble.



Lalu, ikuti instruksi berikut (sambil liat gbr di atas) : 
(1) Klik tools Paint Brush. akan muncul jendela material
(2) Lalu klik perintah di sebelah kanan tulisan edit (liat lambang yg saya tandai dg bulatan merah no.2)
(3) Kemudian klikkan pada salah satu warna material badan mobil yang akan kita edit materialnya, maka akan muncul nama materialnya Color_G25 (liat bulatan merah no. 4 pada gbr di atas)


Lalu klik material editor (huruf M) seperti gbr di atas.


Klik kanan pada nama material yang akan kita edit (dalam contoh ini nama materialnya adalah Color_G25) ---> Create Layer---->Reflection


Buka Tab Reflection---> ubah nilai Glossiness sebelah kanan menjadi 0,9----> ubah nilai Glossiness sebelah kiri menjadi 0,9 juga-----> lalu klik lambang huruf M


Maka akan muncul tampilan seperti gbr di atas. Ubah None ke TexFresnel


Lalu ubah nilai IOR menjadi 3,0---->lalu nilai Refract IOR menjadi 3,0 juga--->klik OK.



Lalu kita bikin satu layer Reflection lagi. Caranya klik kanan pada material Color_G25 ---> Create layer--->Reflection

Maka akan muncul tab Reflection 1 dibawah tab Reflection
Buka Tab Reflection 1---> ubah nilai Glossiness sebelah kanan menjadi 0,8----> ubah nilai Glossiness sebelah kiri menjadi 0,8 juga.
Sampai disini, mobil sudah kita bisa render. (klik R), Liat hasil rendernya.

Tips :
Bila kita ingin merubah warna body mobil sesuai keinginan kita, ikuti petunjuk dibawah ini.
Misalnya kita ingin merubah warna body mobil kita ke warna hijau

Buka Tab Reflection 1--->ubah warna putih disamping tulisan Filter dengan hijau (Red=180, Green 255, Blue 140--->klik OK

Lalu buka Tab Diffuse--->ubah warna putih disamping tulisan Color dengan hijau (Red=180, Green 255, Blue 140--->klik OK.Tutup jendela Material Editor. Lalu liat apa yang terjadi.



Sekarang Body mobil kita udah berubah jadi warna Hijau, yang sebelumnya warna putih.
Sekarang, kita mulai render. Klik R.
Tunggu beberapa saat hingga V-Ray selesai merender. Hasil akhirnya dapat dilihat seperti di bawah ini.




Daftar pustaka :



1 komentar: