1.
Cara Menginstall Sketchup
1. Buka folder download file Sketchup yang
sudah anda download
2. Jalankan dengan double klik icon
installer Sketchup
3. Next next saja
4. Sketchup pun terbuka hingga tampilan
seperti gambar dibawah, lalu klik "Start using Sketchup"
5. Akan muncul jendela Sketchup untuk
menggambar 3D
Setelah
berhasil terinstall dan sudah terbuka, baru kita bicarakan langkah langkah
membuat gambar 3D menggunakan Sketchup.
2. Lembar Kerja Google Sketchup
Sebelum
mulai memasuki pembahasan Google Sketchup, ada baiknya kita mengenal lebih
dahulu bagaimana tampilan Sketcup itu, beserta beberapa istilah-istilah umum
yang akan digunakan dalam membuat grafis. Beberapa istilah umum yang diberikan
pada gambar di bawah ini akan banyak digunakan dalam pembahasan selanjutnya,
sehingga akan lebih baik bila kita melafalkannya dengan baik.
Unsur-unsur
utama layar Google Sketchup :
● Title
Bar, menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar
kerja yang aktif.
● Menu Bar, adalah sederetan menu-menu yang
terdapat dalam Google Sketchup.
● Toolbar, merupakan sederetan tool-tool (gambar)
yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan
pengoprasian program.
● Drawing Area, adalah area kosong yang berfungsi
untuk area menggambar.
● Status Bar, digunakan untuk memuat informasi
mengenai tool yang sedang digunakan atau sedang aktif.
3.
Fungsi dari tiap tiap Icon di Toolbar Sketchup
Menu
toolbar Sketchup seperti gambar diatas masing masing mempunyai yang berbeda
beda. Saya akan memberikan informasi nya satu persatu.
1. Select
Select
berfungsi untuk memilih atau mengklik salah satu bagian atau jika ingin memilih
2 bagian atau lebih, tekan CTRL + Klik bagian.
2. Line
Line
berfungsi untuk membuat garis pada jendela gambar. Caranya hanya dengan klik
menu ber icon pensil ini, lalu klik pada bagian yang ingin dibentuk garis.
Cara
membuat garis juga bisa:
1. Klik icon line pada layar (atau tekan “L” pada keyboard)
2. Klik pada layar sebagai titik pertama
3. Ketik panjang garis sesuai sumbu yang
diinginkan.
4. Tekan enter pada keyboard.
3. Rectangle
Rectangle
berfungsi untuk membuat bentuk persegi ataupun persegi panjang, dengan
otomatis. Kita hanya tinggal mengatur lebar dan panjangnya.
Cara:
1. Ketik “R” pada keyboard.
2. Pilih dan klik titik awal pada layar.
3. Ketik (ukuran horizontal),(ukuran
vertical) enter. Masalnya 30,50 Enter.
4. Tekan spasi untuk menyelesaikan perintah.
4. Circle
Circle
berfungsi untuk membuat sisi lingkaran dengan otomatis. Kita tinggal mengatur
radius atau jari-jari nya.
Cara:
1. Ketik “C” pada keyboard.
2. Klik tempat lingkaran.
3. Ketik radius yang diinginkan. Enter
5. Arc
Arc
berfungsi untuk membuat garis lengkung pada bagian, dengan bentuk seperempat,
sepertiga atau setengah lingkaran. Bisa diatur sendiri.
Cara:
1. Ketik “A” pada keyboard.
2. Pilih titik pertama, kedua dan ketiga pada
layar.
6. Make Component
Make
Component berfungsi untuk membuat beberapa objek menjadi 1 komponen. Kalau
belum mengerti, maksudnya, misalkan anda menggambar berbagai bidang. Setelah
anda select beberapa bidang tersebut lalu anda klik Make Component, bidang
bidang tersebut akan menjadi satu.
7. Eraser
Eraser
berfungsi untuk menghapus garis atau bidang yang terbentuk.
Cara:
1. Ketik “E” pada keyboard.
2. Pilih Obyek yang akan dihapus.
8. Tape Measure Tool
Tape
Measure Tool berfungsi untuk mengukur bidang atau garis atau menandai jarak
pada setiap bidang.
9. Paint Bucket
Paint
Bucket berfungsi untuk memberikan warna atau texture pada bidang.
10.
Push / Pull
Push /
Pull berfungsi untuk memberikan efek 3 dimensi dengan membuat bidang jadi
mempunyai panjang lebar dan tinggi. Caranya dengan klik icon Push / Pull lalu
klik bagian yang akan dinaikkan atau diturunkan, setelah itu arahkan ke atas
untuk menaikkan atau arahkan kebawah untuk menurunkan.
11. Move
Move
berfungsi untuk memindahkan bidang yang telah di Select, memindahkan titik
untuk meluruskan dan bisa juga memindahkan 2 bagian atau lebih dengan
CTRL + klik beberapa bagian tersebut, lalu dipindahkan.
Cara
lain juga bisa digunakan:
1. Pilih Obyek yang dipindahkan.
2. Ketik “M” pada keyboard.
3. Klik pada titik acuan pertama.
4. Klik pada titik acuan kedua(ukuran).
12.
Rotate
Rotate
berfungsi untuk mengubah / memutar sebuah bidang ke arah yang telah kita
tentukan.
Cara:
1. Pilih Obyek yang diputar.
2. Ketik “Q” pada keyboard.
3. Klik pada titik sumbu.
4. Ketik sudut, Enter.
13.
Offset
Offset
berfungsi untuk membuat bidang setelah bidang pertama dibuat tepat diatas
bidang pertama dengan skala yang berbeda.
Cara:
1. Ketik “F” pada keyboard.
2. Tentukan sisi obyek dan arah Offset
(kedalam atau keluar).
3. Ketik jarak yang dikehendaki, Enter.
14.
Orbit
Orbit
berfungsi untuk melihat kesekeliling bagian atau bisa juga diartikan dengan mengorbit
bidang untuk di lihat keseluruhan.
15.
Pan
Pan
berfungsi untuk melihat beberapa bagian dengan cara menggeser kamera.
16.
Zoom
Zoom
berfungsi untuk memperdekat atau menjauhkan kamera dari bidang untuk
melihatnya.
17.
Zoom Extends
Zoom
Extends berfungsi untuk melihat tampilan bidang dari segi random, atau acak.
18. Mirror
Mirror
adalah perintah yang digunakan untuk mencerminkan suatu obyek dengan sumbu
tertentu.
Cara:
1. Pilih obyek yang akan dicerminkan.
2. Klik kanan pada obyek
3. Pilih flip along, dan pilih sumbu yang
kita inginkan.
19. Copy
Copy adalah perintah yang digunakan untuk
menggandakan obyek.
Cara:
1. Pilih Obyek yang digandakan .
2. Ketik “M” pada keyboard.
3. Klik pada titik acuan pertama.
4. Tekan Ctrl pada keyboard
5. Klik pada titik acuan kedua(ukuran) Enter.
20. Skala
Skala adalah perintah yang digunakan untuk
memperbesar atau memperkecil obyek.
Cara:
1. Pilih Obyek yang di skala.
2. Ketik “S” pada keyboard.
3. Klik
dan geret titik skala sesuai keinginan (atau ketik skala yang kita inginkan,
misalnya 2 untuk pembesaran obyek 2x)
Itulah
beberapa fungsi fungsi dari tiap tiap icon toolbar Sketchup yang saya ketahui.
Setelah anda mengetahui fungsi fungsinya, baru saatnya menggambar 3D.
4.
Teknik Dasar Menggambar 3D Menggunakan Sketchup
A.
Membuat Balok
1. Klik icon kotak (Rectangle) lalu gambar
pada bidang seperti gambar dibawah
2. Bidang akan menghitam lalu klik
Push/Pull atau icon yang lambangnya kotak dengan panah keatas.
3. Klik bidang persegi yang sudah digambar
menggunakan Push/Pull lalu tarik keatas.
4. Balok pun sudah jadi dan siap dibentuk
bentuk
B.
Membuat Sebuah Ruang
Setelah
balok jadi, mari kita buat sebuah ruangan yang mirip dengan rumah
1. Gambar garis dari balok yang tadi sudah
dibuat dengan menggunakan Rectangle, lakukan seperti gambar dibawah
2. Klik Push/Pull lalu dorong bagian
persegi yang paling tengah kebawah, tahan kursor lalu arahkan ke sisi balok
bagian bawah hingga ada tulisan "On Edge" lalu lepas
3. Jadi sudah ruangan yang mirip seperti
bak yang terbuat dari balok tadi
Setalah jadi ruanganya, mari kita buat
balok balok melayang yang mirip seperti tangga.
C. Membuat Balok Melayang
1. Gambar persegi persegi kecil disisi
bidang paling belakang. Lakukan seperti gambar
Buat mengunakan Rectangle sama seperti
buat persegi tadi.
2. Tarik satu satu persegi persegi kecil
hingga muncul keluar
Setelah
buat balok yang pertama, pada balok yang kedua ketika ditarik arahkan kursor
sampai sisi atas balok pertama hingga muncul tulisan "midpoint".
3. Sudah jadi balok balok melayang
yang mirip tangga
Silahkan
dilihat lihat gambar 3D buatan anda dengan lebih detail menggunakan tool
"Orbit"
Setelah
itu, bisa anda edit edit lagi balok balok tersebut. Hingga bisa menjadi sebuah
rumah yang utuh.
Daftar pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar