Rabu, 15 Oktober 2014

Ilmu Sosial Dasar : Pemuda dan Sosialisasi

Nama : Tamara Mustikasari
Kelas : 1TB05
NPM : 2A314651


PEMUDA DAN SOSIALISASI


  • Pemuda
Pemuda adalah golongan manusia-manusia muda yang masih memerlukan pembinaan dan pengembangan kearah yang lebih baik, agar dapat melanjutkan dan mengisi pembangunan yang kini telah berlangsung.

Pemuda adalah asset bangsa. Dengan peran pemuda, akan mencapai cita-cita bangsa. Jadi, dapat disimpulkan peran pemuda sangat penting untuk mencapai cita-cita bangsa. Jika suatu bangsa melahirkan pemuda yang memiliki intel yang tinggi, memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas, maka akan tercipta suatu Negara yang maju, dan tentunya tidak akan menjadi Negara yang tertinggal.

Masalah-Masalah yang dihadapi Pemuda:
  1. Masalah yang dihadapi pemuda cukup banyak, diantaranya:Pemuda itu tidak dapat melanjutkan pendidikannya karena masalah biaya
  2. Pemuda yang seharusnya mampu untuk melanjutkan pendidikan, tetapi malah disia-sia kan
Berikut contoh pemuda Indonesia :



Foto ini diambil saat saya graduation bersama teman-teman saya. Beginilah para pemuda Indonesia setelah lulus sekolah, setelah merampungkan pendidikan sekolah mungkin saja mereka akan melanjutkan ke perguruan tinggi atau bekerja. Menurut saya, setelah merampungkan pendidikan menengah kita akan kembali ke masyarakat lagi, maka itu harus lebih berfikir matang dan dewasa. Para pemuda Indonesia sebaiknya bisa meraih cita-cita yang diinginkan supaya kelak akan menjadi masyarakat yang sejahtera.

  • Sosialisasi
Sosialisasi diartikan sebagai sebuah proses seumur hidup bagaimana seorang individu mempelajari kebiasaan-kebiasaan yang meliputi cara-cara hidup, nilai-nilai, dan norma-norma sosial yang terdapat dalam masyarakat agar dapat diterima oleh masyarakatnya. 

Agen sosialisasi:
  1. Keluarga, Pertama-tama yang dikenal oleh anak-anak adalah ibunya, bapaknya dan saudara-saudaranya.
  2. Sekolah, Pendidikan di sekolah merupakan wahana sosialisasi sekunder dan merupakan tempat berlangsungnya proses sosialisasi secara formal.
  3. Teman bermain (kelompok bermain), Kelompok bermain mempunyai pengaruh besar dan berperan kuat dalam pembentukan kepribadian anak. Dalam kelompok bermain anak akan belajar bersosialisasi dengan teman sebayanya.
  4. Media Massa, Media massa seperti media cetak, (surat kabar, majalah, tabloid) maupun media elektronik (televisi, radio, film dan video). Besarnya pengaruh media massa sangat tergantung pada kualitas dan frekuensi pesan yang disampaikan.
  5. Lingkungan kerja, Lingkungan kerja merupakan media sosialisasi yang terakhir cukup kuat, dan efektif mempengaruhi pembentukan kepribadian seseorang.
Berikut contoh sosialisasi :



Foto ini diambil sewaktu saya sedang bersosialisasi tentang pelajaran. Dari sinilah tempat berlangsungnya proses sosialisasi secara formal. Karna disekolah kita bisa lebih banyak bersosialisasi terutama tentang pendidikan yang kita dapat. Ilmu yang didapat disekolah bisa kita pakai dan bisa kita terapkan dikehidupan kita nantinya.


Keterkaitan antara pemuda dan sosialisasi

pemuda dan sosialisasi merupaka suatu hal yang berkaitan erat di dalam hidup ini, dimana para pemuda harus ikut aktif dalam berperan di kehidupan sehari-hari. Sosok pemuda di negeri ini sangat dibutuhkan untuk kemajuan hidup bersama membangun negeri ini.Para pemuda dan pemudi berperan sebagai penerus bangsa yang harus meneruskan cita-cita para leluhur kami. Berfikir secara kritis dan berjiwa sosial merupakan hal penting yang harus ditanamkan dalam diri masing-masing. Oleh karena itu sebagai penerus bangsa ini, hendaknya kita selalu berfikir dan bertindak secara positif dalam menangani hal dan keadaan apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar